Keep Optimistic, 2021!

By pribadiprita - January 03, 2021

Original image from pinterest
Happy New Year, Universe!🌌

Ini tulisan pertamaku di awal tahun 2021 yang semoga bisa menginspirasi temen-temen pembaca dan menjadi motivasi untuk diriku sendiri. Sebenernya aku gak begitu antusias dengan yang namanya perayaan apapun itu. Perayaan ulang tahun, bridal shower party, termasuk perayaan tahun baru ini. Tapi kalau udah punya rencana sama temen-temen aku gak mungkin nolak juga, akhirnya aku selalu menganggap perayaan itu sebagai ajang silaturahmi aja biar lebih terkesan bermanfaat aja gitu. Nah, gimana nih perayaan tahun baru kalian? Tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya gara-gara pandemik Covid-19 dong ya. Tapi gak apa-apa. Menurutku untuk merayakan tahun baru gak harus dengan party ramai-ramai kok. Punya rencana lebih baik di tahun yang baru juga sudah cukup untuk merayakan pencapaian dirimu. 

Sebenernya aku pun gak terbiasa membuat wishlist atau resolution list gitu. Jujur ini kali pertama aku. Mungkin efek Covid-19 yang lebih sedikit kegiatannya, jadi kerasa banget hal apa yang emang sia-sia, perlu diperbaiki, dan yang perlu ditingkatkan dari tahun 2020. So, ini dia daftar resolusi 2021 versi aku!

1. One Day One Fruit
Original image from pinterest

Makan buah tentunya penting banget buat kesehatan tubuh dan kulit. Dipikir-pikir gak pernah tuh aku makan buah-buahan setiap hari secara konsisten. Hal kecil tapi berpengaruh besar banget. Yang penting konsisten walaupun makannya sedikit-sedikit. Pemilihan buahnya pun mau lebih selektif sih, yang lebih banyak mengandung mineral dan bisa memperlancar pencernaan seperti pepaya, buah naga, semangka, melon. Jadi catatan, kalau aku menjauhi buah salak banget karena sulit dicerna. Any recommendation guys

2. Minum Air Mineral 2 Liter/ Hari
Original image from pinterest
Ini super penting! Karena bad habit aku adalah suka lupa minum air mineral termasuk sehabis makan 😂. Kayaknya selama ini aku selalu minum kurang dari 2 liter per hari deh. Tidak untuk ditiru ya! 😫. Jadi ini salah satu resolusi yang penting banget, dan kalau dilewat dampak negatifnya juga besar banget. Sama kayak makan buah, minum air mineral juga bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. So, setiap aku minum pakai gelas atau botol bakal aku akumulasi pakai kalkulator dengan satuan mili liter. Mungkin solusi lainnya juga bisa dengan bawa tumblr kalau lagi diluar kantor dan rumah/ kos.

3. Save and Invest
Original image from pinterest
Ini yang sulit-sulit gampang, masalah keuangan! 😂. Aku bakal pinter-pinter atur cashflow. Selama ini masih nabung biasa di bank tanpa menggunakan deposito. Tapi kurang berminat kearah sana karena takutnya riba. Jadi solusi nabungku masih dalam bentuk nabung uang biasa dan akan investasi emas. Sebenernya masih bingung untuk berinvestasi yang efektif tapi tetap aman. Mungkin kalian yang lebih banyak tahu tentang investasi mau itu reksadana, saham, dan lain-lain boleh banget komen di kontenku ini karena jujur aku kurang ngerti. Selain itu, mau mulai punya asuransi mandiri, biar keuanganku yang selama ini ditabung gak sia-sia untuk tiap kali perawatan kesehatan. Gak hanya investasi perduniawian, jangan lupa bersodakoh karena sepertinya di tahun 2020 aku masih kurang dalam hal ini. Hwaitting!

4. Nulis Satu Minggu Sekali
Original image from pinterest
Kalau ini gampang-gampang sulit😂 sulitnya sih paling cuma mager aja hehehe, ada yang punya masalah sama?😅 Tapi diniatin harus nulis satu minggu minimal satu kali. Selain melatih otak sendiri biar selalu aktif, kegiatan ini juga bisa bikin aku nambah pengetahuan, dan yang lebih penting bisa meningkatkan kemampuan menulis aku supaya blognya gak sepi yaa hihi. 

5. Ngaji Tiap Minggu
Original image from pinterest
Tahun lalu aku sempat dikenalin ngaji sama Rian, dan alhamdulillah cocok buatku yang orangnya mageran harus dimotivasi dengan tuntutan jadwal 😂. Waktu itu masih dikasih ngaji online sama Rian. Selama menjalani itu, aku suka sama sistem ngajinya. Disini gak cuma sekadar ngaji Qur'an aja, lebih in depth lagi karena aku bisa dapet pengetahuan yang lebih banyak tentang agama sendiri mulai dari yang wajib sampai yang sunah didukung sama guru ngajinya yang disebut mubaligh. Udah tanya-tanya supaya bisa ngaji offline di dekat kos-ku jadi tinggal action-nya aja, alhamdulillah sejauh ini dilancarkan. Semoga istiqomah dan selalu diniatkan karena Allah. Aamiin 🤲.

Cukup segitu aja daftar resolusiku tahun ini. Secara umum resolusi tahun 2021 ini supaya sehat fisik dan keuangan, juga belajar lebih banyak tentang apapun. Menurutku, kelima resolusi ini sederhana tapi punya high impact buat diriku sendiri. Sekali lagi, aku harap aku gak sekadar menulis melainkan bisa jadi inspirasi bagi pembaca. Pesan terakhir, yang terpenting dari segala resolusi kalian, jangan lupa berdo'a supaya wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala bersama siapa pun dan dimana pun. Semoga pemerintah juga berhasil menciptakan vaksin yang efektif buat warga Indonesia. Keep optimistic!✨

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku terbiasa sih bikin target setiap tahun mba :D. Biasanya pasti ttg financial: ini mau nambah aset berapa, investasi ku hrs berkembang berapa persen, dan emas batangan ku hrs nambah berapa gram .

    Trus target traveling: mau ke negara mana THN ini, yg sayangnya gara2 pandemi menyebalkan ini, lgs bhaaay target2 travelingku. 2020 aku cuma bisa nambah 1 negara doang. Trus lgs ga bisa jalan LG Krn semua negara tutup perbatasan. THN 2021, target traveling aku hapus, Krn aku blm yakin bisa jalan2.

    Sisanya target individu kayak buku yg harus aku baca stiap Minggu dan tulis reviewnya di medsos. Jd terarah dan bener2 ada bukti utk buku yg aku baca.

    Target agama pun, aku masukin hapalan doa dan rutin baca beberapa surat kayak Al Mulk dan Al waqiah tiap hari, Al Kahfi tiap Jumat dan Yasin tiap Kamis.

    Untungnya planner yg baru aku heli ada banyak part utk mencatat semua target2 tadi :D. Jd aku bisa liat apa semuanya on track ato ga :).

    Oh iya, kalo utk investasi, coba rutin aja beli emas Antam stiap bulan mba. Aku tiap bulan selalu sisihin uang utk investasi saham, beli emas batangan minimal 2 gr, dan utk investasiku di tempat lain juga. Setelah tiga ini terpenuhi , baru sisa uang aku pake utk keperluan pribadi. Kalo utk urusan rumah tangga, itu bagian suami :D. Caraku sih gitu yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku selalu takjub sih sm org yg biasa dan bisa lakuin resolusinya dgn konsisten kyk gitu. Kalau aku biasanya gak sesuai planning nih, selalu ada aja cerita-cerita gak on tracknya😅

      Thank you bgt mba atas saran investnya! Semoga taun depan udh bisa travelling dan sukses selalu ya!😊

      Delete