Serunya Belajar Bahasa Prancis!

By pribadiprita - January 23, 2020

Original image from: pinterest

Bonsoir! Je m'apelle Prita👋

Udah segitu aja bahasa prancisnya🙂. Lagi suka banget sama bahasa Prancis ditambah tadi baru aja ikutan trial class bahasa Prancis di Institut Français d'Indonésie (IFI) Bandung dan gratis! Tapi itu memang khusus buat para pemula yang memang sama sekali belum mengenal bahasa Prancis sih. Alasan aku suka bahasa ini, karena unik aja gitu mulai dari cara penulisan sampai ke pengucapannya. Walaupun memang susah banget ngikutin pronounce-nya, tapi salah satu faktor ketertarikan ini tuh karena habis nonton film Prancis yang rame banget dan jadi favorite list film aku, yang judulnya Le Fabuleux Destin d'Amélie Poulain (Amélie). Recommended banget deh!

Pengalaman aku sore ini seneng dan seru banget. Selain ketemu sama orang baru yang sama-sama penasaran dengan bahasa Prancis—tentunya bisa kenal lebih dekat sama bahasa unik ini. Walaupun memang yang diajarkannya dasar banget.

Aku sampai lokasi pukul setengah 5, dan 10 menit kemudian baru diarahkan ke ruang lantai atas dan telah disediakan bangku dengan formasi U. Lalu mas-mas berambut pirang masuk dengan kalimat bahasa Prancis-nya yang sama sekali kita gak ngerti. Kita mengikuti semua perintahnya itu lebih dominan karena bahasa isyaratnya.

Ekspektasi aku sama sekali berbeda dengan apa yang dilakukan pengajarnya tadi sore. Aku kira kelasnya akan berjalan secara serius layaknya bangku di kelas perkuliahan atau di tempat bimbingan belajar. Nama pengajarnya kalau gak salah Sarwono. Kayanya sekitaran itu deh namanya, lupa!😂. Tapi buat cari aman karena kelupaan, aku mau panggil dia pakai kata "Monsieur" aja yang artinya Pak (hasil browsing) walaupun tampangnya bukan bapak-bapak sih. Metode ngajarnya sangat interaktif dan menyenangkan diselip sama game ala-ala tapi masih dapet banget bahasa Prancis yang mau disampaikan. Justru ternyata lebih gampang menyerap. Selain itu, aku kira bakal ada tulis-menulis atau catat-mencatat tapi situasi sore tadi seakan gak memberi waktu untuk mencatat. Lagipula nyatetnya gimana? Pengucapan dengan penulisan bahasa sangat berbeda, awam banget deh buat aku. Jadi modal kita hanya ingatan aja dan modal pengajarnya sekadar ngomong doang. Untungnya metode yang digunakan Monsieur ini membuat lebih gampang diingat. 

Pertama, kita dikenalin kata dasar tentunya dengan cara pengucapan karena hanya modal ngomong. Yaitu kata bonjour yang artinya halo dan cuma bisa diucapkan dari pagi hingga sore. Lalu kalimat perkenalan, yaitu je m'apelle (nama), elsapelle (nama teman) yang artinya perkenalkan nama saya...... dia (perempuan) namanya..... Catatannya kalau untuk ke laki-laki pakai kata ilsapelle. Kedua, diperkenalkan angka dalam bahasa prancis dari angka 0 sampai 10. Gak cuma mengenalkan sembarang bahasa aja tapi diajarkan mengenai budaya orang Prancis yang kalau bertemu dan menyapa selalu cipika-cipiki, makanan khas seperti bouguette, bahasa prancis lainnya yang mendasar seperti "au revoir", "bonne nuit", "salut", "merci", "de rien", "oui", dan lain sebagainya. Lalu sampai ke kata serapan dari bahasa prancis ke bahasa indonesia sepeti trotoar dan toilet.

Sebenarnya hanya itu sih, karena sayang waktu yang disediakan hanya 60 menit. Kurang lama dan gak kerasa banget padahal seru. Cukup berkesan, dan ternyata bahasa Prancis menurutku—jujur susah, karena bener-bener beda antara penulisan dan pengucapan bahasanya tuh. Jadi sebelumnya memang harus tau dulu cara pengucapan huruf alphabet dari a sampai z. Walaupun susah, aku masih cinta sih sama salah satu bahasa unik ini. 

Berhubung mood dan kesukaanku ini musiman, semoga aja berumur panjang suka bahasa Prancis-nya, biar lebih banyak ilmu dan gak setengah-setengah aja kalau suka dan kepo sama sesuatu hehe.

Merci!

  • Share:

You Might Also Like

2 comments



  1. https://www.facebook.com/waterpark.bsmdewi/
    https://www.facebook.com/wahanaair
    https://www.youtube.com/channel/UC2vsEoXzKs23Gk213HXGHSw
    https://www.instagram.com/kontraktorwaterpark.tangerang/
    https://www.blogger.com/blog/posts/6464031245819371448?hl=id&tab=jj
    https://www.linkedin.com/in/wahana-air-dewi-b41720209/
    http://iklanmart.com/iklan/jasa-pembuatan-ornamen-waterpark-jakarta-utara.html
    https://forum.detik.com/kontraktor-waterpark-t2846646.html
    https://twitter.com/BsmDewi
    https://graha288.com/index.php?option=com_jbusinessdirectory&view=companies&companyId=20726
    https://wordpress.com/home/waterparkindonesia346386704.wordpress.com
    https://seller.bukalapak.com/products?offset=0&limit=30&product_type=available&sort=date
    https://www.kaskus.co.id/@waterparkdewi/?ref=header&med=profile_menu
    https://www.jualo.com/properti-komersial-lainnya/iklan-raceslide-murah


    ReplyDelete
  2. Kami CV Bahagia sukses makmur bergerak dibidang jasa pembutan fiberglass yang terbuat dari bahan fiber yang bersifat ringan dan kuat ,dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus. Fiberglass yang kami buat seperti : Maskot fiberglass,ornamen waterpark,tempat sampah fiber, water slide , tangki air fiber , bak sampah fiber glass,kolam renang fiberglass, kiddy pool , papan ring basket fiberglass, maskot fiberglass, perahu fiberglass, tray fiberglass, box delivey fiberglass, dan lain - lain.

    KAMI MENERIMA PESANAN SELURUH INDONESIA
    Untuk info lebih lanjut hubungi 081112520806 / 085691938144





    https://jasafiberglassindonesia.blogspot.com/

    #fiberglassmurah



    #jasapembuatanfibergrlass



    #jasapembuatanfiberglasscustom



    #maskotfiberglass



    #ornamenwaterparkfiberglass



    #papanringbasketfiberglass

    ReplyDelete