Beberapa Skincare Viral yang Malah Enggak Cocok di Kulit

By pribadiprita - July 23, 2023

Ilustrasi skincare.

Pernah gak sih pakai skincare viral dari media sosial tapi ternyata gak cocok di kulit kita? Agak nyebelin sih apalagi kalau ingredients-nya udah dicocok-cocokin sama keperluan. Tapi mau gimana lagi kan, namanya juga explore buat merawat kulit selain ke dokter spesialis, jadi harus terima 'capeknya'.

Ngomongin soal dokter, sebenarnya aku selalu ke Erha Clinic buat merawat kulit, jadi semua yang aku pakai adalah resep dari dokter sesuai dengan permasalahan kulitku. Jujur memang bagus banget di aku pakai krim dokter ini, tanpa ada jerawat bruntusan dll. Tapi sempet mikir, "boleh gak sih terus-terusan pakai krim dokter?". Akhirnya aku 'nyambil' mencoba belajar juga pakai skincare di drugstore, dan pengin tau juga sih gimana rasanya pakai produk 'luar' karena sebelum pakai krim dokter pun skincare rutin aku hanya pakai facial wash, double cleansing, moisturizer. Gak menahu soal serum, ampoule, dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya perjalanannya juga gak mulus. Agak pusing ya karena harus cari-cari referensi layaknya belajar kayak pemula berhubung sebelumnya aku gak mau ribet banget nyari sana-sini. Apalagi sekarang tuh banyak banget produk-produk viral tapi belum tentu bagus di kulit kita juga. Dan aku sangat mengalami itu huhu. So langsung aja ini beberapa skincare hasil explore-ku yang gak cocok padahal produknya viral banget di media sosial.

1. Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturize Gel

Moisturizer Skintific. Sumber: https://shp.ee/xk47dxe

Siapa sih yang gak tahu produk satu ini? Viral dimana-mana sampe Tasya Farasya Approved juga ya kan. Teksturnya gel jadi ke muka pasti adem banget. Tapi gatau kenapa kok di mukaku lengket parah. Klaimnya bisa membuat kulit terhidrasi dan memperbaiki skin barrier, kalau dipakai pagi hari semua debu di sekitar berasa nempel di muka karena saking lengketnya. Kalau dipake malam hari tentunya masih lengket dan bikin gerah muka bawaannya pengin cuci muka. Walaupun pemakaiannya udah dijeda agak lama supaya gak lengket tapi tetep aja~. Kalau masalah lain kayaknya gak ada sih, perkara lengket doang jadi gak mau pake lagi karena memang gak nyaman dipakai.

Harga: Rp. 139.000 s.d. Rp 169.000

2. Dorskin Matcha Glow Dream Sleeping Mask

Moisturizer Dorskin. Sumber: https://shp.ee/wefqwu2

Pertama kali buka produk ini aku secinta itu sama aroma matcha-nya, secara aku matcha dan green tea lovers kan. Disayangkan banget, produk ini gak cocok di kulitku sampai kecewa karena saking sukanya aroma matcha itu. Produk ini digembar-gembor sebagai produk multiguna, karena bisa sebagai moisturizer, obat totol jerawat, dan sleeping mask. Lagi-lagi bikin lengket di wajah (tapi lebih lengket skintific) sampai bikin muka bener-bener warna coklat alias kusam plus berminyak banget mau nangis. Ditambah lagi kalau dipakai malam hari, bangun-bangun udah ada jerawat kerikil lebih dari satu. Tapi berhubung aku suka banget sama aroma produk ini, aku coba lagi sebagai totol jerawat dalam rangka meyakinkan cocok gak cocoknya, dan sewaktu bangun tidur: it doesn't work! Sampai di situ, percobaan aku selesai. Cukup dengan dua kali pemakaian, aku udah stop produk ini.

Harga: Rp 117.399 s.d. Rp 149.000

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Toner Avoskin. Sumber: https://shp.ee/nn6i744

Belajar dari pengalaman pakai Dorskin yang bikin jerawat kerikil. Satu malam pakai toner ini sebagai exfoliating toner, pas bangun tidur ternyata malah nambahin jerawat kerikil lagi. Hfft capek banget. Akhirnya lagsung mundur dulu karena mau fokus perbaiki tekstur kulitnya dulu. Padahal aku pikir penggunaannya udah benar, even aku pakai toner hydrating lagi supaya kulitku tetap terhidrasi tapi ya begitulah hasilnya. Beruntungnya, produk ini tuh ada versi Travel Toner jadi ukurannya mini banget cuma 20ml. Jadi bisa beli versi mini dulu buat try on.

Harga: Rp 72..000 s.d. Rp 99.000 (20 ml)

4. Ledolla Masker Serum

Masker Ledolla. Sumber: https://shp.ee/cx4ubq8

Beli skincare termenyesal di antara semuanya padahal harganya affordable, karena efek gak cocoknya langsung kerasa banget, jerawat yang bener-bener mengganggu dan di area yang gak diinginkan pula. Jerawatnya lumayan besar dan kesalnya menyisakan warna coklat-hitam. Literally coklat-hitam sampai mengganggu penampilan😭. Baru kali ini pakai masker tapi gak cocok. Aku pikir kalau masker tuh bakal cocok-cocok aja semuanya karena termasuk skincare yang sangat ringan. Tapi ternyata ada juga yang bikin gak cocok. Padahal masker ini tuh kumplit banget loh. Cuma ada tiga jenis tapi udah cukup mewakilkan permasalahan kulit. Mulai dari Acne Masker (Mugwort & Cica), Glowing Masker (Salmon DNA), dan Brightening Masker (Sea Buckthorn). Bentuknya serbuk dan bisa empat sampai lima kali pemakaian juga, wow! Sangat disayangkan di kulitku. Selain itu, pertama kali pakai maskernya memang beneran lembut dan putih, tapi terkesan kayak putih tepung kalau dibandingin dengan sisi kulit yang gak kena maskernya. Aku juga nyobain masker ini ke muka suamiku karena sayang banget kalau gak dipakai gitu aja, tapi ternyata sama! Bikin jerawatan, bye.

Harga: Rp 17.500 s.d. Rp 20.000

Segitu dulu beberapa skincare viral yang gak cocok di aku. Kebanyakan referensinya dari media sosial TikTok. Nyatanya memang produk skincare itu beda-beda reaksinya di kulit setiap orang ya, kalau di aku gak cocok bisa aja di kalian sangat cocok. Well, ada gak skincare viral yang kalian pakai ternyata gak cocok juga kayak pengalamanku?



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Sama nih kak saya juga pake masker ledolla jerawat gede dan bekasnya item, padahal murah bgt ya😄

    ReplyDelete